Buku Paket Sukses Seleksi Mandiri PTN 2021

Ujian Sbmptn Targetkan 600.000 Peserta



Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang akan dibuka pendaftarannya pada 13 Mei mendatang menargetkan sekitar 500.000-600.000 peserta. Angka ini tidak jauh berubah dibandingkan jumlah peserta tahun lalu.

Ketua Umum Panitia SBMPTN 2013, Akhmaloka, mengatakan bahwa untuk target peserta memang tidak jauh berbeda karena kuota untuk SNMPTN tahun ini sendiri meningkat. Perbedaan sistem seleksi pada tahun ini memang membuat jumlah peserta dan kuota PTN naik dengan sendirinya.

"Target pesertanya paling tidak hingga 600.000 orang pada SBMPTN baik jalur tulis maupun jalur tes kemampuan," kata Akhmaloka kepada Kompas.com, Senin (18/3/2013).

Seperti diketahui, SNMPTN untuk jalur tulis pada tahun lalu berhasil menjaring sebanyak 618.804 peserta dengan kuota penerimaan sebanyak 106.363 kursi. Jumlah tersebut terbagi dari 570.771 pendaftar reguler dan 48.032 pendaftar program bidik misi.

"Sama seperti tahun lalu, program bidik misi juga tetap diadakan pada ujian seleksi kali ini," ujar Akhmaloka.

Ia meyakini kuota penerimaan pada tahun ini juga akan meningkat seiring dengan bergabungnya IAIN Wali Songo, Semarang dalam PTN yang menerima mahasiswa melalui jalur SBMPTN. Dengan demikian, ada 62 PTN yang terlibat dalam seleksi tertulis ini.

Sebagai info, bahwa ujian tertulis Sbmptn 2013 menggunakan soal ujian yang dikembangkan sedemikian rupa sehingga memenuhi persyaratan validitas, tingkat kesulitan, dan daya pembeda yang memadai. Soal ujian tertulis SBMPTN dirancang untuk mengukur kemampuan umum yang diduga menentukan keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi, yakni kemampuan penalaran tingkat tinggi (higher order thinking), yang meliputi potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar, bidang saintek dan/atau bidang social dan humaniora. Selain mengikuti ujian tertulis, peserta yang memilih program studi Ilmu Seni dan/atau Keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan.

Kompas





Post a Comment

0 Comments